Sabtu, 21 Juli 2018

KEMUNGKINAN BURUK YANG JADI TAKDIR BERTEMU SAMA ZENIUS


Well, hello!

Kali ini gue pengen cerita gimana zenius bikin gue mau belajar banyak hal. Tapi sebelum itu, gue pengen cerita gimana awal mulanya gue kenal zenius dan kisah kecewa gue sebelum nemu zenius. Singkat aja kok, kalo kepanjangan jadi OOT dong L.
            Waktu kelas 9, gue sama temen-temen sering banget ngediskusiin banyak hal. Mulai dari diskusi pelajaran, sampai politik pun dibahas J. Dan yang paling sering kita bahas adalah soal sekolah SMA. Berhubung kelas 9 harus nyiapin dong sekolah mana yang bakal dituju dan pastinya kita harus tau gimana sekolah-sekolah SMA di daerah kita sendiri.
            Dari keseringan diskusi gitu, gue jadinya kena mindset bahwa lo harus milih sekolah yang bagus biar gampang jalur SNMPTN, semakin bagus sekolah lo, semakin terjamin lo masuk PTN yang bagus. Mau ga mau lo harus belajar bener-bener biar masuk ke salah satu sekolah yang bagus itu. Emang sih, ga salah kan nargetin sekolah SMA yang bagus biar gue semangat belajar, tapi tentang sekolah bagus ngejamin masuk PTN itu emang ga sepenuhnya bener. Gue ga mikirin seandainya gue gagal masuk SMA target gue dan malah masuknya ke sekolah yang gue ga pengenin sama sekali. Gue cuma mikirin kemungkinan yang baik, ga mikirin kemungkinan buruknya dan ga nyiapin gimana gue bakal ngadepin kemungkinan buruknya.
            Punya target masuk SMA favorit ga ngebuat gue termotivasi terus-terusan buat belajar. Malah gue kaya bingung gue belajar ni apa manfaatnya tapi kalo ga belajar gimana gue mau jawab soal UN gitu. Pokoknya gue sama sekali gatau makna belajar yang bener tuh gimana dan tujuannya pun yang gue tau; biar pinter, biar dapet ranking. Udah itu doang HAHAHA. Karena gue gatau cara belajar yang bener dan tujuan belajar yang bener tuh buat apa, gue ga bisa ngelawan rasa males gue. Penyakit akut ini emang bikin gue muak sama diri sendiri, tapi ya gimana lagi L. Alhasil gue jalanin hari-hari sebelum UN dengan kadang ambis dan kadang males.

Dan singkat cerita gue gagal. Yup, GAGAL. NEM gue jauh dari harapan, bahkan masuk sekolah yang jadi target ke-2 gue pun masih ga cukup. Gue nangis sesedih-sedihnya karena gue gamau ngadepin kemungkinan terburuk. Kalo lo semua jadi tembok rumah gue, lo bakal liat betapa mirisnya gue saat itu haha. Rasanya sakit (sakitnya tuh di sini is playing now).
Dan pada akhirnya gue masuk SMA yang ga gue pengenin (kemungkinan terburuk), yang sekarang adalah sekolah gue.
(this is so sad, alexa play despacito)

Gue ga tau kenapa endingnya gue jadi masuk sekolah ini. Dari awal MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) aja gue ga niat banget sekolah, dan pas hari pertama belajar aja gue ga excited sedikit pun buat belajar. Gue bertanya-tanya kenapa Allah kirim gue ke sini. Gue waktu itu mikir gimana masa depan gue, gue bakal masuk ITB apa kaga ya, pokoknya feels like ancur, malu karena sekolah di sini huhu. Tapi setelah lama-lama, gue mikir pasti ada alasan kan kenapa gue jadi berakhiran di sini. Gue cuma harus nyari dan nunggu alasan itu.
DANNN... 3 bulan kemudian, temen gue, dari SMP yang beda, ngerekomendasiin buat belajar pake zenius. Gue liat tuh videonya, kalau ga salah sih tentang trigonometri karena waktu itu penasaran pen tau trigono tuh gimana. Dan gue ngerasa ini bakal ngebantu gue buat belajar. Singkat cerita, gue beli tuh voucher akun premiumnya.

Dan pas awal-awal gue jadi member premium, gue excited banget buat belajar. Emang bener-bener gampang dimengerti dan belajarnya pake konsep, belajar dari dasarnya banget sampe tau dari mana rumus-rumus matematika/fisika itu berasal. Ga lebih dari 1 bulanan, ya gue bosen wkwkwkwk. Gue belum bisa ngelawan rasa malas gue. Pada akhirnya, gue buka zenius cuma pas ulangan aja. Hehehehe maafkan daku, Zen.
            Gue belajar. Cuma belajar doang, liatin video-video zenius tentang materi kelas 10 sambil ngangguk-ngangguk paham. Gue ga pernah buka tentang video-video zenius learning (sebenernya gue gatau itu tentang apaan, kirain gue cuma tentang materi SBM biasa). Selama kurang lebih 6 bulanan setelah gue punya akun premiumnya zenius, gue baru buka tuh video-video zenius learning karena dikasih tau temen buat liat videonya.
DANNNNNNN GUE BARU TERSADARKAN SAMA BANG SABDA LEWAT VIDEO-VIDEO ITU KALO CARA BELAJAR GUE YANG KAYA GINI TUH MASIH SALAH.
Dan ternyata belajar tuh harus punya skill, harus tau medan perangnya, harus bisa me-manage waktu dengan baik dan benar, harus punya motivasi yang bisa jadi energi biar gue tetep belajar terus-terusan. Baru tau gue wkwkwk.
Waktu SD-SMP gue belajarnya pake cara ngapalin, jujur aja sih kalau belajar pake konsep gue ga terlalu sering. Belajar pas mau ulangan, presentasi ke depan, ada tes lisan, atau ga disuruh baca baca materi sama gurunya. Kalau ga ada itu semua? Ya gue ga belajar malah baca buku lain karena emang sih gue suka aja baca buku (nonfiksi, bukan novel wkwk), karena dari kecil gue dah dicekokin buku. Tapi pas baca buku pelajaran, rasanya males L. Palingan kalau ada pr ya gue ngerjain itu wkwk. Ujung-ujungnya gue bilang semester depan gue bakal lebih serius lagi, bakal belajar bener, tapi nyatanya males juga hehe.

Dimulai dari kelas 8, di mana gue masuk kelas unggulan dan gue harus bersaing biar gue ga kalah sama orang lain. Lelah karena pribadi gue yang males belajar mulu, gue nyari cara lain biar gue belajar supaya nilai gue masuk 3 besar, jujur aja gue ngerasa malu kalau diliat lemah sama mereka. Semenjak itu gue kebanyakan belajar buat dapet nilai gede, bukan lagi karena gue pengen ngeraih cita-cita gue jadi saintis wkwk. Gue ga peduli dengan cara belajar gue, yang penting nilai gue gede.
Gue berusaha nyatet dirapih-rapihin, sampe dipake pulpen warna warni biar catetan gue terkesan menarik jadi gue ga bosen. Gue udah susun jadwal belajar gue, yang pastinya jadwal time-oriented karena gue gatau tentang task-oriented. Yah, gue ngerasain yang namanya udah waktu belajar tapi gue masih males, kaya “5 menit lagi deh, tanggung nih enak tiduran.”. Tau-taunya gue tiduran 1 jam an dan jadwal time-oriented gue berantakan hahaha.
Ujung-ujungnya gue belajar ga bener like i said before, tapi untungnya masih bisa mertahanin posisi 5 besaran wkwk.
            Tapi sekarang, gue mikir selama ini gue ga pernah mikirin cara belajar yang bener. Selama ini gue salah. Selama ini gue (kebanyakan) belajar demi dapet nilai yang gue harepin, nilai gede. Karena seperti yang udah gue ceritain, gue pengen masuk jalur SNMPTN dan karena itu gue belajar buat dapetin nilai gede. Gue emang muak karena gue sendiri kesulitan belajar gara-gara males dan gue ga paham apa faedahnya sih belajar ginian (masih pertanyaan yang sama, pertanyaan waktu gue belajar buat UN SMP), tapi gue harus ngerti biar nilai gue gede. Kesannya maksain diri. Tapi setelah gue dapet ‘pencerahan’ dari Bang Sabda, gue ga harus memaksakan diri gitu juga. Emang bener, jangan ngarepin SNMPTN, mau sebagus apapun sekolahnya itu ga ngejamin buat lolos SNMPTN, kan?
Semenjak nonton vid zenius learning, gue mulai mencari-cari manfaat di balik ilmu yang gue pelajarin. Yang asalnya gue ga suka sejarah karena gue pikir ngapain sih belajar sejarah, ngebahas masa lalu, banyak banget tanggal, tahun, nama orang yang harus dihafal, dll. Ternyata setelah gue pikir-pikir SEJARAH TUH BERGUNA BANGET! Dari sejarah kita semua bisa belajar dari kesalahan yang terjadi di masa lalu biar ga terulang, dan masih banyak lagi manfaatnya. Gue juga dulu gasuka sama biologi karena gue pikir biologi banyak banget hafalannya dan gue ga kuat ngapalin nama-nama ilmiah yang buanyak banget. Tapi ternyata lagi-lagi dari belajar biologi kita bisa ngatur pola hidup sehat, kita bisa tau aneka ragam makhluk hidup di sekitar kita, dan masih banyak lagi. Perlahan-lahan, gue tau kenapa gue harus belajar ini dan apa yang bakal gue dapetin setelah belajar ini. Sekarang gue lagi dalam proses untuk ‘belajar karena itu penting’ biar gue bisa ngerasain YANG NAMANYA ENJOY BELAJAR karena itu semua.
Karena zenius, yang tadinya gue ga ngerti sama sekali tentang manusia purba, tentang konsep dasar sejarah yang kaya sinkronis dan diakronis, gue jadinya ngerti dan bisa jawab soal ulangan. Alhasil gue dapet nilai 88, nilai tertinggi di kelas. Waktu fisika juga gue dapet nilai tertinggi seangkatan, walaupun masih hancur nilainya tapi seengganya gue ngerti. (UAS, waktu itu gue emang masih buka zenius pas ulangan doang hehe, tapi tetep ngebantu untungnya. Walaupun gue gatau cara belajar yang bener gimana, apalagi kalau gue dah tau caranya bakal jadi gimana ya wkwk.)
Karena zenius juga, yang asalnya nilai ulangan akhir semester matematika wajib gue hancur sehancur-hancurnya, dapet 57,5 HAHAHA dan ini gue ga belajar pake zenius pula, gue sedih banget waktu dapet nilai mtk sehancur itu bcs it was the first time gue dapet nilai mtk di bawah 60. Dan gue nyesel kenapa ga belajar sama zenius (gue mikir mtk mah bisa lah jadi belajar buat yang lain aja), so gue sebelum ulangan kenaikan kelas tiba, gue belajar pake zenius dan nilai gue ningkat wkwk. Gue ngerasain enjoy banget pas ngerjain soal karena gue dah paham banget konsepnya (gue udah mulai sedikit-sedikit ngubah cara belajar gue kaya yang disaranin Bang Sabda di vid zenius learning). Alhasil gue dapet 92,5 dan satu kelas cuma gue doang yang dapet di atas 90, sisanya dominan remedial hehe.
Alhamdulillah J (gue ga bisa nyantumin bukti karena kertas daftar nilainya ilang, juga bukan gue yang pegang, sekian.)
            Yah, semenjak itu, gue mulai nerapin satu-satu cara-cara belajar yang bener, juga me-manage waktu, dan cari motivasi. Langkah awal udah gue sebutin; cari manfaat ilmu yang gue pelajarin. Langkah selanjutnya gue cari motivasi. Cari motivasi ini gampang pikir gue saat sebelum liat zenius learning. Dateng ke salah satu seminar aja gara-gara kata-kata bijak bisa bikin termotivasi, liat berita anak yang juara lomba ini itu atau menemukan ini itu aja bisa bikin termotivasi. Tapi ga bertahan lama, paling lama 1-2 bulanan, abistu males lagi. Tapi semenjak gue liat salah satu vid di zenius learning di mana Bang Sabda ngejelasin tentang motivasi, dan liat blognya Kak Wisnu juga yang ini, gue sadar oh ternyata cari motivasi tuh gitu ya, susah juga bikin gue merenung terus apa motivasi gue yang sebenernya. Gue punya target, pengen masuk ITB karena gue suka kampusnya sama suasana Bandung. Tujuannya gue pengen belajar fisika sama astronomi. Motivasi gue, gue pengen jadi scientist hehe, balik lagi ke awal sebelum gue termakan jiwa penggila nilai besar. But sometimes i just feel like “Gue pengen belajar fisika lebih lanjut lagi anjir, ini rame banget.” setelah gue paham konsep karena vid zenius. Gue dulunya di tingkatan motivasi antara indentified-integrated, dan sekarang gue udah ninggalin tingkat indentified. Mau disebut apa pun tingkat motivasi gue sekarang ini, yang penting gue udah bisa mulai nikmatin belajar yang sesungguhnya. Ya, semoga aja seiring berjalannya waktu gue bisa bener-bener belajar karena belajar itu fun ya aka gue berada di tingkatan motivasi intrinsic. AAMIIN \^O^/
            MALES. Ini hal yang tersulit buat gue hadapi. Kalo lagi males bawaannya pengen tidur mulu, dan terasa nikmat lol.

Yang gue lakuin pas males sih ya, gue buka lagi video zenius learning dan ngedengerin doang pake earphone, ga ditonton vidnya mah wkwk. Untungnya ada zenius learning jadi gue bisa kembali ke jalan yang lurus lagi (baca: semangat belajar lagi). Dari situ gue jadi semangat buat belajar lagi. Atau, gue baca tentang biografi hidup tokoh-tokoh saintis kaya yang disaranin di artikel ini. Itulah yang gue lakuin saat males/ga mood belajar. Biar gue kembali semangat, balik termotivasi, dan bisa belajar terus-terusan lagi.
            Lanjut, gue benerin cara belajar gue. Mulai dari coba pake metode mindmaping, nyambung-nyambungin materi sama di realita, bikin target mingguan, mencoba buang jauh jauh jadwal time-oriented yang gue pake, dan ningkatin reterensi. Gue baru coba ini selama liburan sekolah sampe sekarang.

            Mindmaping ini metode yang cukup menarik juga. Rasanya monoton juga kalo nyatet vertikal. Dan metode ini juga bikin otak kita lebih terorganisir. Kreativitas gue emang hancur, jadi maafkan ya mindmaping-nya berantakan dan looks weird. Sekarang sih gue belum terbiasa sama metode mindmaping, kedepannya gue harap bisa terbiasaJ.
ini beberapa soal yang gue print out
Ini target mingguan gue pas selama liburan wkwk, gue baru aja mau buat target mingguan lagi kalo dicepet-cepetin buat dimasukin ke sini ga bakal keburu. Gue baru ngerjain blog ini selama 3-4 hari an :’) karena gue baru tau, jadi yang gue masukin seadanya yang gue kerjain pas liburan gue hehe.







Ini list materi yang udah gue susun biar gue tau apa yang bakal gue pelajari. Ini gue belajar ngulang fisika SMP karena gue rasa dasar fisika gue lemah wkwk. Juga, ada fisika kelas 10-nya yang gue kurang ngerti gue pelajarin ulang.
            Waktu gue liat video zenius learning di bab learning how to learn, kalau kita harus bisa nyambung-nyambungin materi yang kita pelajari dengan realitas di sekitar kita biar kita gampang ngertinya. Gue ga pernah kepikiran kaya gini dan pas gue cobain selama liburan lumayan juga. Bukan pas lagi belajar aja, tapi pas gue baca buku juga. Gue analogiin statement yang ada di buku sama contoh di kehidupan yang nyata. Cukup ngebantu
            Btw, karena zenius juga pikiran gue mulai perlahan-lahan terbuka. Gue sering liat buku-buku yang direkomenin zen, dan bikin gue tergiur buat bacanya (Gue nyesel kenapa dulu ga pernah nemu buku kaya gini.) Salah satu buku rekomen Catatan Seorang Demonstran: Soe Hoek Gie berhasil bikin gue mikir, selama ini gue selalu liat satu permasalahan cuma dari satu dua sudut pandang, dan seringpula subjektif, kadang juga gue ga bisa liat sisi positif dan negatifnya. Gue malu kenapa masih bersikap kaya anak kecil, jadi gue tinggalin kebiasaan liat permasalahan kaya gitu.


            Karena buku-buku yang direkomenin zenius dan artikel di zenius blog juga, gue banyak dapet pemikiran-pemikiran baru. Selama ini gue baca buku, gue baru ngerasain manfaat lainnya. Tentunya, ngebentuk pemikiran gue dan sudut pandang gue dalam memandang suatu masalah. Pikiran gue jadi lebih terbuka dari sebelumnya. Apalagi waktu baca artikel-artikel zenius blog yang ngebahas misconception tentang sesuatu, kaya yang teori Darwin yang bilang manusia berasal dari sebangsa monyet atau sebangsa kera, ah masih inget gue yang dulu nyalah-nyalahin statement itu tanpa tau bener gimana teori Darwin yang benernya kaya gimana, konsep evolusinya, dll. Maafkan aku, Sir.
Gue pernah dapet cuplikan quote dari salah satu artikel di zenius blog, yaitu
“If you only read the books that everyone else is reading, you can only think what everyone else is thinking.” –Haruki Murakami
And this quote is freaking true. Gue ngerasain hal itu.
            (tarik nafas)
Karena zenius gue udah mulai berubah, mulai dari persepsi gue tentang belajar, cara belajar gue, sampai cara berpikir gue pun diubah. Karena semua itu udah gue perbaikin, gue jadi ngerasa lebih enak belajar, lebih enjoy belajar. Gue jadi bisa ngejawab pertanyaan gue selama ini;
Buat apasih belajar ginian? Apasih manfaat belajar ginian?
Jiwa curiosity dalam diri gue mulai bangkit lagi, kaya diri gue yang masih SD dimana gue selalu penasaran akan ini itu dan gue selalu nyari tau hal ini itu biar gue merasa puas. Gue penasaran ‘kenapa atom carbon ini dianggap istimewa?’, ‘kenapa cairan spirtus ini warnanya biru?’, ‘siapa yang nemuin minyak bumi sih?’, dll. Dan setelah kejawab semua itu rasanya puas banget like “OH GITU TERNYATA.”
Mungkin sekian yang bisa gue ceritain tentang gimana gue bisa kenal zenius, sampe cara belajar dan cara pandang gue diubah sama zenius, dan gue juga jadi semangat belajar. Alhamdulillah, gue bener-bener berterimakasih bisa tau lo, Zen. Mungkin kalo gue ga masuk sekolah ini gue belum tentukan ketemu orang yang ngerekomendasiin zenius, dan belum tentu gue kenal zenius dengan sendirinya. Sekali lagi, MAKASIH ZEN!!
Also, ada quote nih dari gue;
          “Kemungkinan buruk tidaklah selamanya buruk. Apapun yang terjadi, jangan menyerah. Jangan fokus terhadap apa yang kamu anggap kemungkinan yang baik, hal yang baik. Tapi fokuslah jadi yang terbaik dalam situasi apapun, dalam kemungkinan apapun. Karena jika kamu bisa ngelakuin itu, kamu berarti keren dan hebat!”




h-3 hari baru bikin blog karena baru tau, jadi maafin tulisan ini berantakan ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar